Buruknya Pelayanan Pembuatan Pasport di Kantor Imigrasi Kediri !!

Anda hendak membuat pasport di kantor imigrasi Kediri? Kini pelayanan sangat buruk.

Pada tanggal 2 Desember 2017 saya berencana menambahkan nama pada pasport untuk keberangkatan umroh pada di bulan Januari 2018, sebelumnya saya sudah memiliki pasport dengan 2 suku kata. Yang harus di ubah menjadi 3 suku kata agar bisa berangkat umroh.

sedangkan saya berasal dari kota Nganjuk, dimana di sana tidak ada kantor imigrasi, al hasil saya browsing untuk mendapatkan pasport terdekat yaitu di kantor imigrasi Kediri.

Pada awalnya saya mencari website resmi kantor imigrasi kediri, tapi tak ketemu juga website resminya. Apakah kantor imigrasi selayaknya tidak memiliki website resmi?

Akhirnya saya datang langsung ke kantor imigrasi dari Kota Nganjuk, Perjalanan yang di tempuh tidaklah cepat, saya harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. Untuk sampai dan hampir 3 jam untuk pulang pergi.

Sesampainya di kantor Imigrasi Kediri ternyata sudah memakai pendaftaran online melalui whats app.
awalnya saya fikir sudah maju dengan pendaftaran online melalui whats app, namun ternyata sistem pendaftaran eror jika melakukan pendaftaran di hari yang sama. Saya pikir apakah karena antrian penuh atau sistemnya tidak bisa? Saya tanya ke satpam, memang siste nya eror.
Lalu saya bilang ke satpam, adi kalau sistem eror berarti pegawai imigrasi tidak melayani pembuatan pasport? BERARTI MAKAN GAJI BUTA DONG !?

Ternyata tidak hanya saya yang kecewa di hari itu, ada 5 orang yang saya tanyai ternyata juga tidak bisa mendaftar untuk antrian.
Akhirnya setelah bertanya pada staff disana, saya harus selalu mengirimkan chat ke nomer whats app 08113374440 untuk melakukan pendaftaran antrian, NAMUN SELALU MENJAWAB SEDANG SIBUK.

Sampai Kapan pelayanan pendaftaran untuk membuat pasport di imigrasi kediri bisa dilakukan?

Hari pertama pun gagal untuk mendapatkan pasport. Hanya karena sistem pendaftaran eror padahal tidak ada antrian untuk pembuatan pasport, sedangkan saya harus melakukan perjalanan kurang lebih 3 jam untuk pulang pergi ke kantor imigrasi kediri dari kota Nganjuk.

Sampai dirumah saya coba untuk mendaftar melalui nomer tersebut, akhirnya bisa mendapatkan nomor antrian di tanggal 6 Desember 2017.

4 hari baru bisa mendapatkan nomor Antrian ? apakah sistem seperti ini efisien?
Tentu saja tidak !
Bagaimana dengan nasip orang-orang yang ingin membuat pasport yang berada di luar kota?

Selanjutnya pada tanggal 6 Desember Saya berangkat lagi ke kota kediri dengan perjalanan 1,5 jam.
saya pun menunjukan kode boking kepada satpam penjaga kantor imigrasi yang menanagani berkas-berkas.
Ternyata masih ada saja yang kurang, yaitu surat keterangan travel harus sesuai dengan format.

Padahal teman saya yang membuat pasport di kantor imigrasi Yogyakarta dengan format dari travel yang sama tidak dipersulit.
jika saja saya memiliki travel di kota saya pasti tidak perlu kirim-kirim surat, namun saya mendaftar umroh di travel Jakarta yang membuat pengiriman surat menyurat membutuhkan waktu yang tidak cepat.

Akankah pembuatan pasport di kantor imigrasi kediri akan selalu dipersulit seperti sekarang ?

Dengan dalih  Untuk mencegah adanya Tenaga Kerja Indonesia (TKI yang lolos dengan menggunakan paspor non prosedural)
Alasan prosedural yang menyulitkan orang yang hendak berangkat umroh.